Sirup Aren Canningrara adalah pemanis alami yang terbuat dari 100% nira aren segar dari hutan desa pegunungan Lompobattang, Sulsel.

Sirup aren Canningrara adalah pemanis alami berbentuk cairan yang merupakan hasil pengolahan dari air nira pohon aren. Pohon Aren (Arenga pinnata Merr.) adalah pohon serbaguna yang sejak lama telah dikenal, hampir semua bagian fisik dan produksi tumbuhan, ini dapat dimanfaatkan dan memiliki nilai ekonomi.

 

Desa Pattaneteang, Kab. Bantaeng adalah salah satu desa yang memiliki potensi aren (Arenga Pinnata, Merr) yang besar. Setidaknya ada paling sedikit 500 tegakan pohon aren yang dimiliki oleh 45 petani. Para petani ini mengolah hasil sadapan air nira aren menjadi gula merah secara tradisional menggunakan kayu sebagai bahan bakar. Kondisi geografis Desa Pattaneteang yang terletak di punggung pegunungan Lompobattang menyebabkan daerah ini memiliki curah hujan yang tinggi. Hal ini menyebabkan para petani kesulitan mendapatkan bahan bakar kayu untuk pengolahan pembuatan gula merah. Belum lagi status hutan desa membatasi petani dalam pengambilan kayu bakar. Kondisi ini menyebabkan banyak petani memilih untuk mengurangi produksi gula merah mereka.

 

Sirup aren Canningrara hadir sebagai salah satu solusi dari kondisi dan tantangan di atas, sebagai bentuk pengembangan produk berbahan dasar air nira aren agar potensi yang dimiliki desa dapat termanfaatkan secara lebih maksimal. Secara tidak langsung bisa meningkatkan pendapatan dan penghasilan petani, yang merupakan target jangka panjang usaha ini.

 

Sirup aren Canningrara adalah pemanis alami berbahan dasar air nira aren yang dikenal memiliki kandungan zat; yaitu karbohidrat, protein, lemak, kalsium, zat besi, fosfor, vitamin B3 (niasin) dan vitamin C. Di samping itu, aren juga mengandung serat makanan yang sangat baik untuk kesehatan sistem pencernaan sehingga bisa terhindar dari masalah medis pada sistem pencernaan. Nira aren juga mengandung fruktosa dan sukrosa yang cukup tinggi sehingga memberikan citarasa manis alami dan sehat. 

 

Sebagai pemanis alami, sirup aren Canningrara bisa disajikan dengan berbagai cara, seperti menjadi pengganti gula putih untuk minuman kopi, teh dan aneka minuman lainnya. Sirup aren Canningrara juga bisa menjadi topping untuk memberi rasa manis yang khas pada makanan. Sirup aren ini cocok disajikan untuk berbagai jenis makanan seperti roti bakar, roti canai, pancake, telur dadar, disajikan dengan alpukat, bassang, pisang epe’ dan kambeng-kambeng (makanan tradisional Makassar) dan jenis penganan lain yang membutuhkan pemanis. Bisa juga disajikan langsung sebagai sirup dengan menggunakan air hangat atau pun air dingin.

 

Saat ini Sirup Aren Canningrara tersedia dalam dua bentuk kemasan yaitu 100 ml dan 330 ml. Dua varian ini mewadahi konsumen dengan tingkat konsumsi yang berbeda. Kemasan 330 ml diperuntukkan bagi konsumen dengan tingkat penggunaan yang tinggi. Adanya kemasan 100 ml ini memungkinkan konsumen untuk lebih mudah membawanya ke mana-mana. Kemasan 100 ml ini juga akan dikembangkan sebagai salah satu produk oleh-oleh khas Bantaeng dan Makassar dengan menghadirkan packingan khusus.

 

 

Pengembangan produk Sirup Aren Canningrara ini ke depan akan melibatkan petani dan desa – desa lain yang memiliki sumber daya alam berupa pohon aren.  Kerjasama ini nantinya diharapkan dapat meningkatkan pendapatan dan kesejahteraan petani mitra Canning Rara Pagolla.

Sirup Aren

Saat ini IKM Canning Rara Pagolla memproduksi sirup aren sebagai salah satu lini usaha pengembangan potensi desa demi peningkatan pendapatan dan kesejahteraan warga desa. Saat ini tersedia sirup aren 

Gula Aren Mini

Sebagai pengembangan produksi, IKM Canning Rara Pagolla juga akan memproduksi Gula Aren Mini untuk memenuhi kebutuhan pengguna gula alami.

Gula Semut Aren

Bentuk pengembangan produk dari nira aren lainnya adalah Gula Semut Aren. Varian ini untuk memenuhi kebutuhan rumah tangga pelanggan,

RUMAH PRODUKSI

Rumah Produksi IKM Canning Rara Pagolla berada
di Dusun Katabung, Desa Pattaneteang, Kab. Bantaeng Sulsel,

X